Saat Terbaik Minum Kopi Menurut Ahli Gizi

abadikini.com, Jakarta – Minum kopi kerap jadi rutinitas pagi kebanyakan orang. Ada pula yang bilang kalau belum ‘ngopi’ rasanya ada yang kurang. Namun, rupanya pemilihan waktu untuk minum kopi punya efek pada hari Anda.

Ahli gizi yang berbasis di Sydney, Australia, Lyndi Cohen mengatakan suatu kebiasaan buruk ketika bangun tidur dan Anda langsung meraih secangkir kopi. Ia menyarankan untuk menahan diri sebentar.

“Saat Anda bangun tidur, kadang kortisol anda sedang memuncak,” kata Lyndi pada Daily Mail Australia (16/6/2017).

Hormon kortisol atau lebih dikenal dengan hormon stres memang diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stres secara fisik atau emosional. Namun, hormon ini juga berperan dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh untuk menyediakan energi.

“Kafein memengaruhi produksi kortisol tubuh. Jika minum kopi adalah hal pertama yang anda lakukan saat pagi, tubuh anda memproduksi kortisol lebih sedikit dan anda jadi bergantung dengan kafein untuk mendorong anda jadi berenergi,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, mungkin penjelasan ini bisa jadi jawaban bagi mereka yang merasa kecanduan atau perlu minum kopi untuk memulai hari. Lyndi mengatakan waktu yang lebih baik untuk menikmati kopi pada pertengahan pagi, yakni antara pukul 10.00 dan 12.00. Pada waktu ini, hormon kortisol menurun.

Lyndi juga berkata bahwa orang seharusnya mengakhiri sesi minum kopinya sebelum waktu makan siang. Sepanjang siang, ganti kopi Anda dengan teh herbal atau minuman tanpa kafein.

“Tiap orang punya toleransi berbeda terhadap kafein, tapi demi istirahat malam yang berkualitas, jangan minum kopi enam jam sebelum Anda tidur. Saya merekomendasikan, pukul 14.00 adalah waktu terakhir Anda untuk minum kopi,” imbuh Lyndi.

Selain memberikan saran soal waktu terbaik minum kopi, rupanya Lyndi juga mengatakan kopi punya efek positif untuk kegiatan olah raga.

“Benar jika minum kopi sebelum berolah raga bisa membantu Anda mengangkat beban yang lebih berat, lebih banyak sesi dalam satu jenis gerakan atau berlari lebih cepat,” jelasnya.

Banyak studi, lanjutnya, menyarankan bahwa konsumsi kafein sebelum olah raga bisa meningkatkan performa tubuh dan tingkat energi. Kopi dengan cepat terserap oleh aliran darah. Lyndi menyarankan minum kopi 30 menit sebelum mulai berolah raga.

“Studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11 persen, ini membantu Anda membakar lemak,” kata Lyndi.

Satu catatan lagi dari Lyndi adalah Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 400 miligram kopi dalam sehari. Ini setara dengan 2-3 cangkir kopi di kafe atau empat cangkir kopi buatan sendiri.

“Perlu diingat bahwa asupan kopi tiap orang berbeda, bagaimanapun, coba ketahui asupan kopi Anda,” tutupnya. (svr/ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker