Militer Rusia Mengklaim Berhasil Bunuh Khalifah ISIS

abadikini.com – Militer Rusia klaim berhasil membunuh ratusan milisi ISIS, termasuk bos besarnya Abu Bakr Al Baghdadi, dalam serangan udara di Suriah bulan lalu. Al Bagdadi disebut-sebut tewas bersama pengikutnya saat sedang rapat dengan sejumlah petinggi.

Dalam keterangan resminya, militer Rusia mengatakan serangan udara dilakukan jet tempur Sukhoi di wilayah Raqa pada 28 Mei 2017 lalu. Raqa merupakan basis pertahanan ISIS di Suriah dan dipercaya sebagai tempat persembunyian Al Baghdadi.

“Komandan senior ISIS, 30 perwira menengah dan setidaknya 300 milisi yang membentengi mereka tewas dalam serangan tersebut,” bunyi pernyataan militer Rusia dalam rilis resminya seperti dikutip AFP.

“Berdasarkan informasi dan pemberitaan sejumlah TV, bos ISIS Ibrahim Abu Bakr al Baghdadi hadir dalam rapat tersebut dan ikut tewas,” lanjutnya.

Al Baghdadi tak pernah muncul di depan publik semenjak mengumumkan kekhalifahannya di kota Mosul, Irak tiga tahun silam. Sebelumnya, dia beberapa kali dikabarkan tewas oleh serangan udara Amerika Serikat. Namun, Al Baghdadi muncul lewat rekaman video membantah pemberitaan tersebut. (AFP)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker