Mengenang Keberadaan Bus Tingkat di Jakarta Tempo Doeloe

abadikini.com, Jakarta — Salah satu angkutan paling ikonik Negeri Tiga Singa – Inggris adalah double-decker bus alias bus tingkat. Sebagai salah satu negara paling maju di Asia Tenggara, ternyata Indonesia dulu juga pernah lho punya bus tingkat.

Bus tingkat di Jakarta tempo doeloe

Pertama kali ada bus tingkat di Indonesia dan beroperasi di Jakarta adalah tahn 1968. Merk busnya Leyland Titan asal Inggris dengan kode generasi ketiga PD3-11.

Postur “si merah” sepanjang 9 meter, lebar 2,5 meter serta bobot yang terbilang ringan, yakni 14 ton. Bus tingkat yang eksis sejak 1968 sampai 1982 ini dioperasikan PPD (Perusahaan Pengangkutan Djakarta) dengan trayek Blok M-Salemba-Pasar Senen.

Bus tingkat di jalan protokol Jakarta tempo doeloe

Kehadiran bus tingkat setelah era Leyland Titan di Indonesia dilanjutkan dengan datangnya sejumlah bus tingkat generasi terbaru. Merk-nya masih “Leyland” namun dengan tahun kelahiran yang lebih anyar.

Tepatnya pada 1983, pemerintah Indonesia mendapat hibah sejumlah bus tingkat Leyland Atlantean. Bus-bus itu ada yang langsung dikirim dari Inggris, sebagian bekas dipakai Singapura.

Bus tingkat di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta tempo doeloe

Panjangnya 10,2 meter dan sudah menggunakan sistem power steering agar manuver bus lebih apik ketimbang “kakaknya” – Leyland Titan. Persebaran Leyland Atlantean juga tidak hanya di Ibu Kota.

Jika di Jakarta pengoperasiannya tetap dipegang PPD, di luar Jakarta, tepatnya Semarang dan Surabaya dipegang Perum Damri (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia). Kini, sisa-sisa kejayaan bus tingkat hanya tinggal tersimpan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Bus tingkat membelah kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta tempo doeloe

Teringat kembali dengan bus tingkat dan pengen ngerasain kembali sensasi naik bus tingkat? Tenang, Anda tidak harus ke negerinya Pangeran Charles. Coba aja naik bus wisata Jakarta atau yang lebih dikenal dengan nama “Mpok Siti” . Anda bisa menunggu di halte yang bergambar bus tingkat dan bertuliskan city tour. Halte-halte itu dapat kamu jumpai di Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah. (svr/ak)

Bus tingkat wisata yang beroperasi saat ini di Jakarta

Video Penampakan Bus Tingkat Jakarta Tempo Doeloe

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker