Weekuri, Danau Air Asin yang Menakjubkan di Pulau Sumba

abadikini.com, Sumba Barat — Saat ini, danau sedang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para pelancong. Seperti Labuan Cermin, yang digadang-gadang menjadi tujuan wisata alam menarik di Kalimantan Timur. Selain itu, baru-baru ini Pulau Sumba memiliki destinasi wisata baru.

Danau Weekuri namanya. Lokasinya berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Belakangan ini, lokasi tersebut banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara dan mulai populer di media sosial (medsos).

Pesona Danau Weekuri

Sebelumnya, tempat ini sangat tersembunyi dan belum diketahui masyarakat, khususnya turis. Kemudian, ditemukan oleh seorang traveller dari Prancis yang sedang berlibur di Pulau Sumba.

Warna danaunya agak kebiruan. Ditambah lagi, di sekelilingnya ditumbuhi pepohonan hijau. Menariknya lagi, danau tersebut letaknya berdampingan dengan laut. Nah, air pada Danau Weekuri ini berasal dari air laut yang masuk ke dalam celah-celah tebing pembatas. Sebab air Weekuri bersumber dari laut, maka rasa air danaunya pun menjadai asin.

Selain rasanya asin, air di Danau Weekuri juga sangat sangat jernih dan tidak cukup dalam. Sahabat Sporto bisa berenang atau sekadar bermain air di danau ini. Spotnya juga sangat menarik dan memesona, cocok bagi Sahabat Sporto pecinta fotografi atau sekadar selfie.

Wisatawan menikmati keindahan dan ketenangan Danau Weekuri.

Jaraknya sekitar 60 kilometer dari Tambolaka yang merupakan Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Akses menuju lokasi, terbilang cukup sulit karena belum terdapat transportasi umum. Keadaan jalannya juga masih berbatu, dan masih minim petunjuk jalan. Jadi, jika Sahabat Sporto ingin berkunjung ke sini, disarankan harus menggunakan guide travel. (sp/ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker