PP Persis: Insya Allah Awal Ramadhan Tahun Ini Bareng

abadikini.com, JAKARTA – Ketua Dewan Hisan dan Rukyat Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis), Ustadz Iqbal Santoso mengatakan Insya Allah awal Ramadhan tahun ini akan bersamaan yaitu jatuh pada Sabtu (27/5/2017).

“Bareng, semua saya kira bareng untuk awal Ramadhan tahun ini. Insya Allah bareng,” ujarnya, Kamis (25/5/2017).

Ustadz Ikabal menjelaskan, Persis dalam menentukan penetapan awal Ramadhan, dengan menggunakan metode rukyat dan juga metode hisab. Menurutnya, ormas persis tidak mempertentangkan kedua metode tersebut.

“Hisab berdasarkan rukyat dan rukyat juga kita berdasarkan hilal. Hisab dan dan rukyat di Persis tidak dipertentangkan dua-duanya digunakan,” jelasnya.

Menurut ustadz Iqbal, posisi matahari pada tahun ini berada di atas kriteria. Karena itu, kata dia, saat matahari terbenam pada Jumat (26/5/2017) besok pihaknya yakin akan melihat hilal.

“Baik secara hisab atau pun secara rukyat itu bisa memenuhi kriteria,” katanya.

Ia menambahkan, untuk menentukan awal Ramadhan, pengurus Persis akan mengerahkan timnya ke lapangan, khususnya ke suatu pantai yang berada di daerah sukabumi. Ada satu tim yang akan dikerahkan untuk ke lokasi tersebut.

“Kalau Persis sendiri berkonsentrasi di satu tempat di pantai Sukabumi, insya Allah ini bersamaan,” jelasnya.

Berikut ini surat edaran PP Persis tentang penetapan awal Ramadhan tahun 2017 jatuh pada hari Sabtu (27/5/2017).

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Persatuan Islam mengeluarkan Surat Edaran nomor 0620/JJ-C.3/PP/2017 terkait penentuan awal ramadhan, idul fitri, awal dzulhijjah dan idul adha tahun 1438 H.

Dalam surat tersebut diinformasikan ke seluruh jamiyyah Persatuan Islam bahwa awal shaum ramadhan jatuh pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017.

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan sidang Isbath pada Jumat (26/5/2017) besok untuk menentukan awal Ramadhan 2017. (sl.ak.rol)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker