Pemkot Tidore Kepulauan Selenggarakan Sosialisasi Persandian

abadikini.com, TIDORE – Sejalan dengan perkembangan dunia internet yang memberikan banyak perubahan, keuntungan dan manfaat bagi banyak orang, teriring pula bersamanya keberadaan resiko, ancaman dan aspek negatif dari aktifitas penyalahgunaan. Kebocoran data yang selama ini terjadi dipicu oleh sejumlah hal yang disebabkan hal-hal yang bersifat non teknis, ketidaktahuan pengguna teknologi, kecerobohan pemilik data, keterbatasan edukasi masyarakat, kealpaan individu dan ketidakpedulian seseorang.

Demikian sambutan Wakil Walikota Tidore Kepulauan yang dibacakan Assisten Setda Bidang Tata Pemerintahan, Drs. Ridwan Halil sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Pembukaan Sosialisasi Persandian Di Kota Tidore Kepulauan Tahun 2017 bertempat di Aula Nuku Kantor Walikota, Selasa (16/5/2016).

Saat ini sangat diperlukan aparatur sumberdaya persandian yang berkualitas yang memahami sistem  dan alat persandian agar senantiasa sinergi dengan Lembaga Sandi Negara dalam upaya pengamanan informasi khususnya informasi yang bersifat Rahasia, sebagai wujud kestabilan keamanan. Kata Ridwan

“Saya berharap dengan kegiatan sosialisasi persandian ini dapat menumbuhkan komitmen untuk lebih meningkatkan sinergitas dalam melaksanakan fungsi persandian dilingkup pemerintah daerah, baik kualitas maupun kuantitasnya sebagai kesadaran dan pemahaman kita atas nilai-nilai pengamanan informasi para penyelenggara negara”. Tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kota Tidore Kepulauan Bonita Syahria Manggis, SH dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Aparatur Pemerintah Kota tidore Kepulauan tentang pentingnya tata kelola penjaminan keamanan informas, layanan operasional persandian dan pengawasan penyelenggaraan persandian untuk keamanan informasi internal.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh peserta berjumlah 80 orang yang berasal dari Pimpinan SKPD, Camat dan Sekcam 8 Kecamatan di Kota Tidore Kepulauan serta Pegawai Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik, juga menghadirkan 2 narasumber dari Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, masing-masing Farosa, ST dari Seksi Pengembangan materiil Sandi dan Jaringan Komunikasi Sandi serta Tomy Prihananto dari Analis Sumberdaya Persandian.(admin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker