Anies Tak tau Peran Wapres Jusuf Kalla dalam Pencalonan Dirinya di Pilkada DKI

abadikini.com, JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan ungkapkan dirinya tak tahu secara detail tentang peran Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait pencalonannya sebagai calon gubernur DKI. Anies mengaku tak banyak terlibat dalam peristiwa politik di detik-detik akhir pencalonannya sebagai gubernur DKI.

“Enggak tahu, saya enggak terlibat. Saya dipanggil oleh Gerindra tapi di dalamnya seperti apa itu yang tahu teman-teman di Gerindra,” kata dia di Jakarta, Rabu (2/5/2017).

Anies mengatakan, proses pencalonannya berawal dari panggilan Gerindra. Berbagai pihak yang ada dalam internal Gerindra lebih tahui cerita di balik pencalonannya.

“Saya dipanggil oleh Gerindra, tapi di dalamnya seperti apa, itu yang tahu teman-teman di Gerindra,” tuturnya.

Anies menuturkan, proses komunikasi yang ada dalam pencalonannya pun lebih rumit dari yang diungkapkan Zulkifli beberapa waktu lalu. Anies pun mengaku tidak terlibat langsung di balik proses pencalonannya oleh Gerindra.

“Saya rasa prosesnya lebih rumit daripada itu. Menurut saya temen-temen cek saja dengan para pelaku, karena kalau saya tidak terlibat di situ,” tuturnya.

Anies mengaku, dalam proses pencalonannya dirinya hanya berkomunikasi dengan Cawagub Sandiaga Salahudin Uno dan Partai Gerindra. “Iya saya tahunya dengan Bang Sandi dengan Gerindra,” ucapnya.

Di kesempatan berbeda, wakil gubernur terpilih Sandiaga Uno juga enggan komentar banyak terkait pernyataan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan tentang penunjukan Anies Baswedan sebagai calon gubernur. Sandi mengatakan, semua peristiwa di detik-detik pencalonan akan ia tulis dalam buku.

Di detik-detik akhir jelang pencalonan, Sandiaga masih berstatus sebagai bakal calon gubernur sebelum akhirnya nama Anies Baswedan keluar sebagai cagub yang diusung Gerindra dan PKS. Sandiaga mengaku terlibat dalam lobi-lobi politik di saat itu. Ia sebagai tokoh penting yang mengetahui peristiwa penting tersebut.

Sebelumnya, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK beperan dalam pemilihan nama Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2017. ‘Sentuhan tangan’ JK disebut Zulkifli banyak berperan dalam memunculkan nama Anies Baswedan yang menjadi pasangan Sandiaga Uno. (sl.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker