Kabar Ahok Jadi Mendagri dan Lantik Anies-Sandi, Yusril Bilang Itu Hanya Dagelan Belaka

abadikini.com, JAKARTA – Rumor soal Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dikabarkan akan diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Dalam Negeri setelah tak lagi jadi gubernur semakin santer terdengar.

Menanggapi rumor tersebut, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra pun angkat bicara tentang rumor tersebut yang beredar luas di media sosial baru-baru ini paska kalahnya ahok di Pilkada DKI Jakarta Putaran kedua. Dia, Yusril katakan, rumor itu hanya guyonan dan dagelan belaka”Kabar bahwa Ahok akan melantik Anies itu, hemat saya itu hanya dagelan belaka,” kata Yusril di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Menurut Yusril, meski nantinya Ahok benar diangkat Presiden Jokowi menjadi Mendagri, namun kemungkinan Ahok akan melantik Anies-Sandi sangat kecil.

Pasalnya, kata Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu, berdasarkan Pasal 163 UU No 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua UU Pemda dengan tegas mengatakan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur dilantik oleh Presiden di Ibu Kota Negara. Bila Presiden berhalangan, maka dilantik oleh Wakil Presiden.

“Jika Presiden dan Wakil Presiden sama-sama berhalangan barulah dilantik oleh Mendagri,” kata Yusril.

Oleh sebab itu, kata mantan Menteri Hukum dan HAM era presiden Gus Dur itu, bahwa kemungkinan Ahok (jika jadi Mendagri) melantik Anies-Sandi, itu sangat kecil.

“Kalau benar dilantik jadi Mendagri oleh Presiden Joko Widodo, melantik Anies dan Sandi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI itu sangat kecil kemungkinannya. Bisa dikatakan itu hanya dagelan belaka,” pungkas Yusril. (sl.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker