Politisi PBB ini Desak Gubernur Kalteng Segera Proses Pemberhentian Bupati Katingan

abadikini.com, KATINGAN – Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) Fahmi Fauzi mendesak Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran untuk tidak menahan terlalu lama berkas pemberhentian Bupati Katingan Ahmad Yantenglie dari jabatannya.

“Proses ini harus cepat dilakukan di tingkat provinsi, karena di tingkat Kemendagri juga akan dilakukan proses juga. Makanya ini harus secepatnya diserahkan jika sudah dilakukan pengkajian,” kata Fahmi Fauzi, Sabtu (15/4/2017).

Fahmi menegaskan, waktu pengkajian oleh gubernur tidak lebih dari tujuh hari. Walaupun amanahnya, di tingkat provinsi membolehkan paling lama 14 hari sejak berkas itu diterima.

“Wajar dan sah saja apabila gubernur harus melakukan pengkajian terlebih dulu, sepanjang tidak memakan waktu lama. Karena posisi pemerintah provinsi itu sebagai wakil pemerintah pusat di daerah memberikan surat pengantar kepada Mendagri,” tegasnya.

Fahmi menuturkan, pada saat dirinya mengantar surat DPRD atau berkas itu, mereka sudah menyampaikan kepada Pj Sekda Syahrin Daulay, bahwa pihaknya selalu membuka diri apabila ada segala sesuatu yang menyangkut tentang pemberkasan. Mereka di DPRD Kabupaten Katingan siap membantu berkas-berkas yang diperlukan. “Sepanjang tidak membuat berkas baru,” tuturnya.

Politikus Partai Bulan Bintang ini juga mengungkapkan, berkas yang mereka serahkan kepada gubernur itu tidak lain berkas tentang Keputusan Mahkamah Agung (MA) RI, Keputusan Pemberhentian dari DPRD Kabupaten Katingan 13 Februari 2017, termasuk penjadwalan dan rapat paripurna istimewa serta berkas lainnya.

“Jadi semua berkas sudah lengkap kami serahkan dan tembusannya pun ada sembilan. Di antaranya kepada Presiden RI, DPR RI, Ketua MA, Gubernur Kalteng, Sekda Provinsi Kalteng, Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalteng, Ketua DPRD Kalteng, KPU Kalteng, Bawaslu Kalteng dan Ketua KPU Kabupaten Katingan dalam rangka pemberhentian,” pungkasnya. (sl.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker