Raja Salman bin Abdulaziz al Saud berkomitmen Bantu Islam dan Muslim

abadikini.com,  JAKARTA – Kunjungan bersejarah, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud beserta 14 Menteri, 25 Pangeran yang tergabung rombongan besar, sekitar 1500 orang. Sang Raja dan rombongan akan tiba hari ini, Rabu (1/3/2017) siang sekira jam 13.00 WIB.

Kunjungan Raja Arab Saudi diharapkan menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk mempererat persahabatan dan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah al- Shuaibi mengungkapkan, kerja sama yang akan diteken antara Saudi dan Indonesia mencapai 10 bidang. Kerja sama itu meliputi bidang keamanan, Islamic affair, kebudayaan, pendidikan, perdagangan, investasi dan UKM, kelautan dan perikanan serta operasional penerbangan sipil.

“Pada Senin malam kami telah merampungkan 8 MoU. Diharapkan pada hari ini kami dapat menyelesaikan 2 MoU sisanya. Saya tidak tahu pasti berapa nominal investasi yang akan diberikan, tetapi jumlahnya besar,” kata Osama saat memberikan keterangan pers di Kantor Kedubes Arab Saudi di Jakarta.

Dia menilai, kunjungan Raja Salman ke Indonesia sangat bersejarah. Sebab ini merupakan kunjungan Raja Saudi untuk pertama kalinya setelah empat dekade silam. Seusai menyambut di Bandara Halim Perdanakusuma siang ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima Raja Salman di Istana Bogor.

Selanjutnya, Raja Salman akan melakukan berbagai kegiatan lain di Jakarta, mulai dari kunjungan ke Masjid Istiqlal, DPR dan bertemu pengusaha. Lalu pada 4-9 Maret, rombongan Raja Saudi itu akan bertolak ke Bali untuk berlibur di sana.

Sebelumnya, Raja Salman bertemu dengan Mufti dan sejumlah tokoh Islam Malaysia pada Selasa (28/2/2017).

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (1/3/2017). Raja Salman mengatakan Kerajaan Arab Saudi berkomitmen untuk senantiasa memberikan bantuan demi melayani Islam dan Muslim.

Menurut Raja Salman, tantangan yang dihadapi umat Islam memerlukan lebih banyak kerjasama dan solidaritas di antara masyarakat dan negara-negara Islam.

Dia juga menyerukan toleransi dan moderasi, serta berbagai upaya untuk memerangi ekstremisme dan terorisme dalam segala bentuk.

Mufti Negara Federal Malaysia Zu Alkifil bin Mohammed Bakri, mengucapkan rasa terima kasihnya atas inisiatif Arab Saudi. Rasa terima kasih itu utamanya diberikan atas usaha Raja Salman melayani Islam dan Muslim. (sp.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker