WOW.. Ini Perbandingan Rombongan Dua Raja Arab Saudi Kunjungi Indonesia

abadikini.com, JAKARTA – Kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia langsung membuat heboh Tanah Air. Pasalnya, pemimpin Arab Saudi terakhir yang datang ke Indonesia adalah Raja Faisal bin Abdulaziz al-Saud dan itu terjadi pada Juni 1970.

Banyak pihak yang memandang kunjungan Raja Salman ini menjadi momen bersejarah. Namun, terdapat hal yang menarik pada kunjungan Raja Salman pada 1 Maret. Sebab, sang pemimpin Arab Saudi itu dilaporkan akan membawa rombongan sekira 1.500 orang, 10 Menteri dan 25 Pangeran dan ini menjadi rombongan terbesar yang pernah dibawa oleh seorang pemimpin negara asing ke Indonesia.

Dari jumlah rombongan yang dibawa Raja Salman tersebut, ada perbedaan besar dengan rombongan yang dibawa Raja Faisal.

Percaya atau tidak, ketika Raja Faisal tiba di Indonesia pada 10 Juni 1970, ia hanya membawa puluhan orang. Media Berita Yudha mewartakan pada 10 Juni 1970, Raja Faisal tiba di lapangan terbang Kemayoran pada pukul 11.15 dengan menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines yang terbang dari Kuala Lumpur.

Panitia Penyambutan Raja Faisal pada saat itu, Mayor Haji Junan Helmi Nasution mengatakan, Sribaginda didampingi oleh 58 orang staf kerajaan, pengawal, wartawan Saudi, serta juru masak khusus.

Usai tiba di Jakarta, upacara selamat datang langsung menyambut Raja Faisal. Usai bersalaman dengan Presiden Soeharto, para menteri, dan pejabat tinggi Tanah Air lainnya, ia bersama rombongannya beranjak menuju Istana Negara.

Setelah 47 tahun berlalu, Raja Saudi akhirnya kembali ke Indonesia. Namun kali ini, ia membawa rombongan yang superbesar dan sangat jauh lebih banyak dibandingkan rombongan yang dibawa oleh Raja Faisal.

“Kunjungan ini akan membawa rombongan terbesar kurang lebih 1.500 orang, 10 menteri, 25 pangeran,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Kantor Presiden RI, Jakarta, Selasa 21 Februari 2017.

Berbeda dengan kakak tirinya dulu, Raja Salman berada di Indonesia selama sembilan hari. Raja Salman akan berada di Ibu Kota selama tiga hari (1-3 Maret 2017) sebelum ia terbang menuju Bali.

Ketika tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan langsung menyambut Raja Salman serupa dengan yang dilakukan sang raja ketika Jokowi mengunjungi Arab Saudi pada September 2015. Selain itu yang perlu menjadi catatan penting adalah kunjungan Raja Salman ini merupakan balasan lawatan Jokowi tersebut.

sumber: okezone

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker