Kapolres Baubau: Mari Kita Jaga, Jangan Sampai Pilkada di Buton Tengah Gagal

abadikini.com, BAUBAU – Kapolres Baubau, Provinsi Sulawei Tenggara AKBP Suryo Aji harapkan tak menimbulkan masalah baru paska kerusuhan yang menyebabkan tiga mobil dibakar dan satu rumah dirusak di Kelurahan Watolo, Kecamatan Mawasangka, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Sabtu 4 Februari malam.

“Artinya, yang penting kan situasi kita jaga. Jangan sampai tanggal 15 (Pilkada di Buton Tengah) gagal gara-gara kerusuhan. Jadi sementara ini kita melakukan kegiatan preventif, kami menaruh anggota Brimob di tempat-tempat yang berpotensi muncul konflik,” kata Kapolres Baubau AKBP Suryo Aji, Selasa (7/2/2017).

Sementara itu, polisi juga mengamankan 8 orang dengan satu diantaranya merupakan perempuan yang terdapat di rumah yang menjadi objek penyerangan. Sejumlah senjata tajam pun ikut diamankan.

“Korban malam langsung dibawa ke puskesmas, ada tujuh jahitan di tangan kanan karena menangkis yah. Kita masih mencoba mendalami. Sementara pemilik rumah, ketua ormas yang merupakan pendukung paslon nomor 2 tidak ada di tempat,” jelas Suryo.

Sebelumnya, tiga mobil dibakar dan satu rumah warga dirusak oleh sekelompok orang di Kelurahan Watolo, Kecamatan Mawasangka, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Sabtu 4 Februari malam.

Kapolres Baubau AKBP Suryo Aji menerangkan, tiga mobil tersebut bukan milik dari salah satu pasangan calon yang santer diberitakan sebelumnya. Suryo juga menjelaskan, pemantik dari kerusuhan antarwarga tersebut berawal dari panasnya dinamika politik jelang Pilkada Serentak di daerah tersebut.

Seperti diketahui, terdapat dua paslon yang akan bertarung dalam Pilkada Kabupaten Buton Tengah pada 15 Februari mendatang. Kabupaten yang merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut baru menggelar Pilkada serentak tahun 2017 ini.

Adapun dua pasangan calon yang bertarung diantaranya, Samahuddin- La Ntau yang merupakan paslon nomor urut 1. Dan Abdul Mansur Amila yang merupakan mantan penjabat bupati Buton Tengah berpasangan dengan Saleh Ganiru pada nomor urut 2.

Sumber: okezone

Baca Juga

Back to top button