Survey: Pasangan BERKAH Unggul di Pilkada Bombana

abadikini.com, JAKARTA – Lembaga survei Indexpolitica merilis hasil surveinya pada Pilkada Bombana 2017. Survei yang dilakukan pada 8 hingga 12 Januari ini, menyebutkan pasangan calon bupati Kasrah Jaru Munara – Man Arfah (BERKAH) unggul dari pasangan pejawat, Johan – Tafdil (BERTAHAN).

Menurut peneliti Indexpolitica, Arum Kusumaningtyas,  responden pada survei ini sebanyak 600 orang yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Bombana.

Indexpolitica menggunakan metode Multi Stage Random Sampling dengan wawancara langsung kepada responden, margin error empat persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Pasangan BERKAH akan menang dengan 54,34 persen jika pilkada dilakukan pada hari ini mengunguli pasangan incumbent (BERTAHAN) dengan 45.66 persen.” kata Arum Kusumatingtyas melalui siaran persnya, Selasa (24/1/2017).

Arum menjelaskan, pemilih mengambang atau swing voter dalam survei ini masih cukup besar yakni 34.33 persen. “Artinya masing masing pasangan calon harus dapat memberikan program kerja yang jelas sehingga  dapat mempengaruhi swing voter untuk memilih pada 15 Februari mendatang,” jelas Arum.

Menurut Arum, kecenderungan elektabilitas pasangan BERKAH bisa naik menjelang hari pencoblosan. Hal ini dapat dilihat dari rasio tingkat kesukaan pasangan calon dimana rasio popularitas dan tingkat kesukaan pasangan BERKAH adalah 0.55 sedangkan pasangan calon BERTAHAN hanya 0.50. (sp.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker