Soal Isu TKA Ilegal Asal Cina, Jokowi Bilang Itu Fitnah

abadikini.com – JAKARTA – Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mendesak pemerintah menuntaskan secara transparan dan akuntabel persoalan tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Cina yang kini meresahkan masyarakat Indonesia di sejumlah daerah.

Menurut Agus, adanya temuan pemerintah daerah (Pemda) soal pelanggaran izin tinggal TKA asal Cina yang memakai visa turis harus ditindaklanjuti dengan fokus.

Ini mengingat, kebijakan bebas visa yang dikeluarkan oleh pemerintah harus bisa dijalankan dengan baik. Sebab, bila tak ada pengawasan yang ketat, maka kasus serupa akan terulang kembali.

“Sehingga TKA asal Cina yang masuk ini dicurigai masih sebagai turis, tapi disini dia melakukan tenaga-tenaga kasar tersebut. Sehingga kami mendorong pemerintah agar ini diselesaikan secara tuntas, transparan dan akuntabel dengan keterangan yang jelas,” kata Agus di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Selasa (27/12/2016).

Diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan soal isu serbuan tenaga kerja asal China. Menurutnya, isu tersebut merupakan sebuah fitnah dan tidak benar sama sekali.

“Jangan ada yang percaya dengan sebaran fitnah tenaga kerja dan investasi sebagai ancaman kebanjiran tenaga kerja,” tutur Jokowi di PLTP Lahendong Unit 5 dan 6, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Selasa (27/12/2016).

Dirinya juga menegaskan bahwa isu tenaga kerja asal China yang mencapai 20 juta orang merupakan kebohongan. Menurutnya, tenaga kerja asal China yang ada di Indonesia saat ini hanya berjumlah 21.000 orang. Tenaga kerja asal China tersebut juga melakukan pekerjaan yang belum bisa dilakukan oleh tenaga kerja lokal.

“Banyak diisukan dari China 10-20 juta nggak ada. Info yang saya terima jumlahnya 21.000 iya, itu keluar masuk banyak hal kita belum siap. Kalau kita siap ya pasti pakai tenaga kerja kita sendiri, pakai putra-putri Indonesia sendiri,” tegas Jokowi. (asp.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker