Pohon Pisang Unik di Pojok Caringin

abadikini.com, BOGOR – Pisang unik ini diketahui saat kang Asep kontributor abadikini.com melakukan perjalanan silaturahmi ke saudaranya yang tinggal di kecamatan Cijeruk kabupaten Bogor, saat melintasi di jalan Caringin, Asep melihat di kiri jalan tampak sebuah pohon pisang yang terlihat sangat unik karena buah pisang itu sangat kecil dan jumlah sisir pisangnya kurang lebih ada 110 sisir dan buah nya melebihi seribu.

“Makanya pisang ini dibilang pisang seribu, sudah 5 sisir yang matang dan sudah diambil oleh warga untuk makan, rasanya enak sama halnya dengan rasa pisang yang pada umumnya,” kata Pak Amal, Caringin, Senin (12/12/2016).

Pak Amal adalah pemilik warung buah di dekat pohon pisang seribu di pinggir jalan Caringin menuturkan, pisang itu dari mulai tumbuh jantung sampai dengan buah dengan panjang kurang lebih 2 meter,  lamanya 7 bulan. Pak Amal menambahkan dari tumbuh batang sampai dengan sekarang sudah hampir satu tahun.

Karena panjangnya itu maka kematangan buah pisang ini tak bisa bersamaan. Ketika bagian atas sudah tua, maka bagian bawahnya masih proses perkembangan.

Lokasi pohon pisang unik ini di jalan Caringin Maseng Kecamatan Caringin Bogor-Jawa Barat. Kurang lebih 2 km dari Simpang Caringin ke posisi lokasi pisang unik itu kurang lebih 1 km.

Pisang seribu memang termasuk pisang yang kini langka. Sangat jarang dibudidayakan masyarakat, maupun dijual di pasaran. Salah satu tempat yang masih merawat pisang raja seribu adalah Kebun Plasma Nutfah Pisang di Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. (asep.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker