Rakyat Korea Selatan Rayakan Pemakzulan Presiden Geun-hye

abadikini.com – SEOUL – Rakyat Korea Selatan (Korsel) merayakan pemakzulan Presiden mereka, Park Geun-hye. Parlemen Korsel sepakat untuk memakzulkan Geun-hye karena diduga kuat telah melakukan korupsi.

Melansir Reuters pada Jumat (9/12/2016), ribuan orang berkumpul di depan Parlemen Korsel untuk merayakan keputusan itu. Mereka menari, saling berpelukan, dan meneriakan slogan-slogan kemenangan.

“Saya merasa luar biasa! Saya sudah menduga dokumen itu akan disetujui. Bagaimanapun, apa pun yang terjadi di Parlemen, kami akan berusaha untuk menurunkan Geun-hye dengan menggunakan kekuatan rakyat. Masyarakat telah menang,” kata seorang warga Korsel bernama Im Chae-jum.

Choi Ji-young, ibu dari seorang anak yang meninggal dalam tragedi feri Sewol, turut menyaksikan langsung pemungutan suara galeri di Parlemen. Dia berada di antara sekelompok kerabat korban, yang menari dan menyanyi saat mereka meninggalkan gedung Parlemen.

Dalam pemungutan suara yang berlangsung pagi tadi, 234 anggota Parlemen menyetujui dokumen untuk memakzulkan Geun-hye, dan hanya 56 orang yang menolak dokumen tersebut.

Sementara itu, Menteri Keuangan Korsel Yoo Il-ho, menyerukan rapat darurat untuk membahas dampak dari pemakzulan Geun-hye. “Waktunya belum ditetapkan, tetapi akan ada satu pertemuan untuk membahas (pasar keuangan),” kata seorang pejabat kementerian keuangan Korsel yang menolak disebutkan namanya.

Dengan adanya keputusan ini, Geun-hye menjadi presiden Korsel pertama yang terpilih secara demokratis dan dilengserkan lewat mekanisme pemakzulan. Perdana Menteri Korsel akan menjabat sebagai Presiden sementara Korsel sampai Mahkamah Konstitusi menyampaikan putusannya. (sl.ak.snd)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker