Bupati Konut, Ruksamin: Saya Lakulan ini Semua Untuk Kesejahteraan Masyarakat

abadikini.com – WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan peningkatan dan pengembangan perekonomian masayarakat, kali ini Pemkab Konut bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementrian Pertanian meyerahkan bantuan dana RP 168.000.000 kepada 3 kelompok koperasi tani di bidang perkebunan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Konut Ruksamin, Wakil Bupati Konut Raup dan Dirjen Perkebunan Kementerian Perkebunan Bambang usai melaksanakan upacara Hari Korpri ke-45 di Desa Andomowu, Kecamatan Lasolo, Selasa (29/11/2016).

Bupati Ruksamin mengatakan, dana yang disalurkan tersebut merupakan modal usaha para petani kebun yang sudah dibentuk oleh masing-masing desa dan kelurahan. Dengan tujuan untuk terus mengembangkan repitalisasi penanaman hasil kebun seperti coklat, cengkeh, kelapa dan kopi di wilayah Konut.

“Ini merupakan awal perdana kami untuk terus meningkatakan ekonomi masyarakat Konut di bidang perkebunan. Bantuan ini merupakan bentuk dukungan  pemerintah kepada para petani kebun. Dan ini akan kami terapkan di seluruh wilayah Konut,” kata Ruksamin.

Dirinya menambahkan, hal itu dilakukan sebagai salah satu bentuk keprihatinan pemerintah Konut yang melihat kondisi masyarakat di bidang perkebunan sangat terpuruk. Akibat musim kemarau yang melanda wilayah Konut hingga mematikan seluruh tanaman para petani beberapa waktu lalu.

Saya lakulan ini semua untuk masyarakat. Saya tidak sampai hati melihat para petani kesusahan hanya karena tak punya biaya. Olehnya pada kesempatan ini saya harap dan meminta dukungan penuh mari kita bekerja sama membangun Konawe Utara lebih sejahtera dan beradap melalui bidang perkebunan. Insya Allah saya yakin dengan program yang kita jalankan ini akan memberikan kesejahtraan kepada kita semua,” ungkap ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra itu.

Diketahui ketiga koperasi tersebut yang mendapatkan bantuan adalah Koperasi Bina Usaha Kelurahan Tinobu bantuan sebesar Rp 34 juta, Koperasi Mapasidea Desa Muara Tinobu bantuan sebesar Rp 51 juta dan Koperasi Mehia Desa Andomowu dengan bantuan sebesar Rp 83 juta.

Said, Ketua Kelompok Koperasi Bina Usaha Kelurahan Tinobu yang mendapat bantuan Rp 34 juta merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan tersebut.

“Kelompok saya berjumlah 39 orang, bantuan ini akan kami pergunakan sebaik mungkin untuk mengembangkan usaha kebun kami. Karena jujur saja selama ini kami tertumbuk dibiaya untuk mengolah kebun sehingga hanya beberapa petani saja yang mengolah kebunnya itupun tidak seberapa karena tak punya dana,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Jajits, Ketua Kelompok Koperasi Mapisidea, Desa Muara Tinobu. Dirinya mengatakan sejak kemarau melanda wilayah Konut beberapa waktu lalu dan mematikan selurh tanamannya, dirinya sudah putus asa untuk kembali mengolah kebun karena harus menyiapkan dana yamg cukup besar dengan adanya bantuan ini, dirinya bersama petani lainnya optimis untuk mengolah kebunnya kembali. (sl.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker