Berbeda Dengan PBNU, Gus Sholah: Tidak Ada Larangan Umat Islam Sholat Jumat di Jalan

abadikini.com – SURABAYA – Pengurus Besar Nadhlatul Ulama telah mengeluarkan fatwa larangan salat Jumat di jalan. Namun, suara berbeda disampaikan oleh ulama Nahdlatul Ulama (NU) lainnya. Sholahudin Wahid atau Gus Sholah.

Adik kandung Abdurrahman Wahid ini mengatakan, bahwa tidak ada larangan sama sekali dalam Islam untuk menunaikan salat Jumat di jalan. Menurutnya, salat Jumat di jalan boleh dilakukan. Terlebih jika masjid sudah tidak dapat menampung jamaah salat Jumat lagi.

“Kalau memang tidak bisa menampung jamaah, ya apa boleh buat,” kata Gus Sholah, di Surabaya, Kamis (24/11/2016). Gus Sholah mengatakan, keinginan umat Islam untuk melakukan aksi di Jakarta pada 2 Desember mendatang tidak perlu dilarang.

Sebab, hal itu merupakan hak konstitusional setiap warga negara. “Kalau menurut saya tak perlu dihalangi keinginan mereka. Mau diapakan lagi kalau mereka mau unjuk rasa,” ujar Gus Sholah. Terlebih, jika aksi itu dibarengi salat Jumat, maka itu adalah hal yang biasa.

“Konteksnya ini kan orang berbondong-bondong ke Jakarta untuk ikut salat Jumat, jadi itu hak masing-masing individu,” ujar pesaing Said Aqil Siradj dalam Muktamar NU ke-33 di Jombang tersebut. (asep.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker