Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim Patenkan Varietas Lokal

abadikini.com –  TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim MH, melakukan pertemuan dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan, BP4K Kota serta Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian (BPTP) Maluku Utara. Hal itu dilakukan untuk menjaga dan melindungi Produk Pertanian Varietas Asli Tidore, Jeruk Topo dan Bawang Merah Topo, Rabu (16/11/2016).

Walikota Ali Ibrahim mengatakan Pemkot sangat mendukung langkah BPTP Maluku Utara dalam melindungi Varietas Asli Tidore Kepulauan.

“Pemkot patenkan dan akan membantu upaya Balai dalam melindungi varietas asli Tidore serta siap memberikan bantuan bilamana diperlukan”, kata Ali Ibrahim, Rabu (16/11/2016).

Ali Ibrahim berharap dengan dipatenkan varietas asli Tidore tersebut bisa menjadikan nilai tambah bagi petani dan menunjang hasil pertanian dengan peningkatan produk unggulan daerah.

“Adanya proteksi ini, sumberdaya genetik harus memiliki nilai tambah bagi kehidupan petani di daerah dan dapat menunjang hasil pertanian serta mendukung peningkatan produk unggulan daerah,”  ujarnya.

Diketahui dalam pertemuan itu Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim langsung menyerahkan Formulir pendaftaran Varietas Lokal yang telah ditandatanganinya Kepada BPTP Maluku Utara untuk di daftakan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian. (sp.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker