Wow… Politisi PBB ini Minta Polisi Tindak Tegas Debt Collector

abadikini.com – TASIKMALAYA – Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ichwan Syafa sangat sesalkan dengan kembali maraknya ulah Debt Collector (DC) yang melakukan upaya perampasan kendaraan khususnya sepeda motor di jalan raya. Ia mengaku kaget karena sebetulnya masalah tersebut sudah ada penyalurannya yakni melalui BPSK dan juga ditangani pihak OJK sebagai pengawas leasing.

Menurutnya, upaya penjabelan kendaraan dengan secara tiba-tiba ditengah jalan sangat tidak bijak meski konsumen mengalami kemacetan dalam pembayaran kredit. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang merasa diperlakukan kasar oleh para DC terutama saat di jalan raya untuk segera melapor ke pihak terkait atau penegak hukum.

”Kalau telah meresahkan dan mengancam keselamatan diri, kita akan menghimbau kepolisian untuk bertindak. Jika memang Dept Collector sudah bertindak dan bersikap melanggar aturan dan masuk tindakan pidana jangan dibiarkan dan harus ditindak tegas supaya tidak menganggu ketertiban serta meresahkan masyarakat,” tegas Politisi Partai Bulan Bintang (PBB), Sabtu (4/11/2016).

Pihaknya meminta adanya ketegasan dari pihak kepolisian dan OJK selaku pengawas lembaga pembiayaan. “Sudah sejauh mana tingkat pengawasannya. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.130/PMK.010/ 2012 tentang pendaftaran Fidusia, perusahaan pembiayaan seperti leasing, tidak dibenarkan mengambil atau menarik kendaraan konsumen yang macet cicilan secara paksa tapi harus diselesaikan secara hukum,” (sl.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker