Bupati Konut, Ruksamin Target Bentuk Kampung KB Percontohan

abadikini.cim – WANGGUDU – Ruksamin Bupati Kabupaten Konawe Utara , Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), setelah canangkan Kampung Ingris di Konut kini Bupati Ruksamin canangkan kampung keluarga berencana (Kampung KB) dan sekaligus menargetkan Kabuapten Konawe Utara Sebagai percontohan di seluruh kecamatan di daerah itu.

Dia, Ruksamin mengatakan keberhasilan program KB akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta kesejahteraan masyarakat.

“Ini adalah komitmen bersama, karena keberhasilan program KB akan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera sehingga kita perlu perbanyak Kampung KB,” kata Bupati Konawe Utara, Ruksamin, di Wanggudu, Kamis (13/10/2016).

Ruksamin menjelaskan, program kampung KB akan banyak memberikan edukasi pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat penggunaan alat kontrasepsi KB yang bisa membantu meningkatkan taraf perekonomian keluarga.

“Yang saya pahami, program kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) ini adalah sebuah terobosan dan inovasi cerdas dari pemerintah pusat menekan angka kelahiran sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujarnya.

Yang terpenting dari pencanangan Kampung KB tersebut, katanya, adalah gerakan dari program-program KB yang mampu bersinergi dengan SKPD terkait yaitu keterbelakangan pendidikan tentu menjadi tanggung jawab dinas pendidikan.

“Mengenai kesehatan menjadi tanggung jawab dinas kesehatan, mengenai infrastruktur menjadi tanggung jawab Dinas PU, dan ketersedian kontrasepsi menjadi tanggung jawab BKKBN sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB), akan mengimbau para camat dan kepala desa di konut agar kampung KB bisa dibentuk di setiap kecamatan hingga akhirnya semua kampung atau desa di Konawe Utara ini menjadi Kampung KB.

“Konawe Utara memiliki 11 kecamatan yakni Kecamatan Motui, Sawa, Lembo, Molawe, Lasolo, Lasolo Kepulauan, Andowia, Asera, Oheo, Wiwirano dan Langgikima. Masing-masing kecamatan itu minimal ada satu kampung KB yang harus dibentuk,” tegasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker