Kebijakan Bebas Visa Ampuh Datangkan Turis

abadikini.com, JAKARTA – Ada sejumlah kebijakan yang dibuat Kementerian Pariwisata sepanjang tahun 2015 untuk meningkatkan jumlah kunjungan turis. Semua kuncinya adalah regulasi.

“Saya beberapa kali bilang, regulasi itu penting. Jangan belum apa-apa wisatawan sudah dibuat kesulitan saat mau datang,” kata Menpar Arief Yahya menyinggung bebas visa, dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Pariwisata di Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Sepanjang tahun ini, Arief memang berkali-kali membahas soal bebas visa dalam setiap kesempatan. Sudah sering pula, Arief membandingkan bebas visa antara Indonesia dengan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Singapura.

“Malaysia sudah 162 negara bebas visa, kita masih jauh dari itu. Maka jangan heran kalau jumlah turis ke sana sudah 20 juta ya,” kata Arief.

Kini, Indonesia sudah punya 90 bebas visa yang berlaku. Arief pun kembali menekankan, agar Kemenpar dibantu dengan kementerian lain bisa lebih banyak memberikan bebas visa.

“Tahun depan, ada tambahan 1 juta turis dari pemberlakuan bebas visa di tahun 2015 ini,” kata Arief.

Masih soal regulasi, kemudahan izin kapal yacht ke Indonesia yang tadinya 14 hari menjadi 7 hari pun dianggap salah satu keberhasilan oleh Arief. Hal lainnya adalah branding Wonderful Indonesia dan prestasi di World Halal Tourism

“Ini kabar gembira, branding Wonderful Indonesia sudah di atas Malaysia dan Thailand.  Ini datanya dari World Economic Forum (WEF) 2015,”  jelas Arief.

Indonesia dengan Wonderful Indonesia-nya ada di Peringkat 47, terkait Country Brand Strategy dari WEF. Malaysia dengan Truly Asia-nya di peringkat 96 dan Thailand dengan Amazing Thailand-nya di peringkat 83.

“Branding itu penting agar orang terus mengingat. Dengan menggencarkan di berbagai media, Wonderful Indonesia makin terus dikenal. Branding kita kalau bagus, sudah bisa menyaingi kunjungan turis yang datang ke Malaysia,” ujar Arief

Terakhir adalah Indonesia berhasil meraih 3 penghargaan pada ajang World Halal Travel Awards 2015 di Abu Dhabi, UEA. Satu yang paling spesial, Lombok meraih World’s Best Halal Tourism Destination. Alias, menjadi destinasi terbaik untuk wisata halal di dunia!

“Wisata halal itu punya pasar dan spending turis yang besar. Alhamdulillah, kita menjadi destinasi wisata halal terbaik yang diwakili Lombok,” ujar Arief. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker