Mendagri Klaim Proses Pilkada 2015 Berjalan Lancar

abadikini.com, BANDUNG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengklaim proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 serentak berjalan lancar. Pilkada berlangsung aman dan tertib.

Tjahjo mengatakan para pendukung calon, disebut sudah bisa menerima kekalahan. Emosi mereka terkendali, kesuksesan juga tampak dari tingkat partisipasi masyarakat yang meningkat.

“Tingkat partisipasi beragam, ada yang di atas 70 persen ada yang di bawah 60 persen. Namun secara keseluruhan partisipasi masyarakat meningkat,” kata Tjahjo saat ditemui di acara Festival Antikorupsi 2015 di Sabuga, Kota Bandung, Jumat (11/12/2015).

Namun, belum ada data terkait tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak tahap pertama ini. Pemerintah, kata Tjahjo, belum menerima laporan lengkap dari Komisi Pemilihan Umum.

Selain itu, lanjut Tjahjo, hingga kini belum ada laporan terkait dengan gugatan pasangan calon yang kalah usai rilis versi hitungan cepat dari berbagai lembaga. “Nanti semua setelah masuk, apakah ada yang menggugat atau tidak. Nanti setelah rekapitulasi di KPU selesai,” kata Tjahjo.

Bekas Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini mengatakan, pemerintah bersama KPU dan Bawaslu akan mengevaluasi perhelatan Pilkada yang digelar 9 Desember itu. Evaluasi baru digelar setelah KPU menyatakan pasangan calon yang jadi pemenang di masing-masing daerah.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker