AHOK : E-Natura, Cara Baru Bantu Korban Banjir Jakarta

abadikin.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) mengatakan anggaran kartu sakti yang berisi bantuan bagi korban bencana, khususnya korban banjir di Jakarta, akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta tahun 2015.

“Anggaran dari Dinas Sosial melalui APBD. Kan, kami ada dana taktis, dana darurat, selalu ada setiap tahun,” kata Ahok saat ditemui di Balai Kota pada Selasa, 17 November 2015.

Menurut Ahok, sebenarnya dia telah meminta Dinas Sosial DKI Jakarta untuk segera melaksanakan program E-Natura. “Sebenarnya dari tahun lalu saya sudah minta. Tapim saat mengatur bank-nya, Bank DKI enggak siap. Nah, tahun ini baru ketemu formula kerja sama dengan BRI. Tapi saldo dari APBD. Enak aja BRI yang kasih duit,” ujar Ahok sembari tertawa.

Meskipun telah disiapkan Dinas Sosial, Ahok mengaku tidak tahu-menahu berapa nominal saldo dalam setiap kartu E-Natura yang akan diberikan kepada para korban banjir. Besarnya bergantung pada hitungan Dinas Sosial DKI Jakarta.

Ahok mengatakan pengawasan pemberian bantuan melalui E-Natura dilakukan oleh pemerintah. “Nanti mesti pakai semacam e-money supaya kalau salah koreksinya juga gampang. Nanti ketahuan, kan, dia belanjanya apa. Oh, si A nih, masak Ahok dapet, berarti salah ini. Kami bisa lacak,” tuturnya.

Ahok juga menambahkan, kartu sakti tersebut bisa ditarik sewaktu-waktu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta apabila pemberian bantuan tersebut salah sasaran. “Kalau kamu saya kasih kartu ini, saya salah ngasih, saya bisa tarik balik. Kan, Anda enggak sesuai (kriteria), kenapa lu terima? Nah, kalau kami kasih uang, gimana mau nagihnya lagi coba?” ucap Ahok.

Senin kemarin, Ahok mengungkapkan tengah mempersiapkan E-Natura, sistem pemberian bantuan baru bagi korban banjir yang tiap tahun melanda Jakarta. Menurut Ahok, melalui kartu debit yang menyerupai kartu ATM ini, korban banjir dapat membeli sendiri barang-barang sesuai kebutuhannya. Melalui sistem ini, pemerintah juga dapat mengetahui secara persis untuk apa saja bantuan tersebut digunakan oleh para korban banjir. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker