Justin Trudeau : Kanada Tarik Diri Dari Operasi Melawan ISIS

abadikini.com – Hampir sepuluh tahun, Partai Konservatif yang dipimpin Perdana Menteri Kanada Stephen Harper menguasai parlemen dan memimpin negara tersebut. Kini, Konservatif terpaksa harus mengakui ‘kekalahan’ mereka dan menyerahkan kepemimpinan pada Partai Liberal.

Pada Senin (19/10) malam, Partai Liberal yang di awal kampanye menempati urutan ketiga melesat ke depan. Mereka memenangkan suara mayoritas dalam pemilihan umum dengan kampanye terpanjang dalam sejarah Kanada tersebut.

Dilansir laman BBC News, Selasa (20/10), kemenangan Liberal otomatis mengantarkan pemimpinnya Justin Trudeau menjadi Perdana Menteri baru Kanada menggantikan Harper. Dalam pidatonya pascakemenangan, Trudeau mengatakan Kanada telah memilih perubahan nyata.

“Kami mengalahkan ketakutan dengan harapan, kami mengalahkan sinisme dengan kerja keras. Kita semua mengalahkan gagasan bahwa Kanda harus puas dengan kekurangan,” katanya.

Trudeau menambahkan, hasil ini menunjukkan bahwa Kanada telah mempraktikan politik positif. Ia juga memuji Harper atas pengabdiannya selama sembilan tahun memimpin negara tersebut.

Dalam kampanyenya bersamai Partai Liberal, Tredau menjanjikan sejumlah hal mulai dari pemotongan pajak penghasilan untuk kelas menengah Kanada, keluar dari defisit negara selama tiga tahun dengan fokus pada infrastruktur, mengatasi masalah lingkungan seperti pipa minyak kontroversial Keystone, hingga berjanji menarik Kanada dari operasi melawan ISIS. (jhon.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker