Pemerintah Indonesia Tolak Pengungsi Suriah

pengungsi Suriah 2Jakarta – abadikini.com – Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM tengah mengantisipasi lonjakan pendatang ilegal dari Timur Tengah yang masuk wilayah Indonesia dalam waktu dekat.

Hal ini menyusul rencana pemerintah Australia membuka pintu negaranya bagi 12 ribu pengungsi asal Suriah.

Menurut pihak Ditjen Imigrasi, kebijakan pemerintah Negeri Kangguru tersebut diyakini akan mengundang pengungsi ilegal yang ingin menyusup.

“Ini secara tidak langsung berdampak terhadap Indonesia, karena letak geografis menjadikan Indonesia negara transit bagi pengungsi ilegal sebelum masuk ke Australia,” ujar Kabag Humas Ditjen Imigrasi Heru Susanto dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (11/9).

Heru megatakan oleh karenanya, Ditjen Imigrasi meningkatkan pengawasan dengan membentuk tim pengawasan orang asingyang akan bekerjasama dengan TNI dan Polri. Tim ini akan bertugas di titik-titik yang biasa digunakan pengungsi ilegal untuk masuk ataupun keluar wilayah Indonesia.

Meski begitu, menurut Heru, sampai saat ini gelombang pengungsi dari Timur Tengah belum terjadi. Data menunjukkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir tidak ada peningkatan signifikan jumlah warga negara kawasan Timur Tengah yang melintasi wilayah Indonesia. (dul.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker