Tak Mau Lagi Ada Rotasi, PDIP Desak Jokowi Lakukan Perombakan Radikal Komposisi Kabinet

abadikini.com, JAKARTA – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolon mendesak kepada Presiden Jokowi agar melakukan evaluasi dan perombakan komposisi kabinet secara radikal dan revolusioner.

“Sepanjang pergantian pemain dari itu ke itu lagi (mazhab neoliberal) maka tidak akan ada yang berubah. Harus ada perombakan yang radikal dan bahkan revolusioner di hampir seluruh kementerian,” kata Effendi Simbolon, Sabtu (19/8/2017).

Effendi menilai kondisi pemerintahan hari ini bagaikan besar pasak dari pada tiang, karenanya perlu ada suatu perombakan total komposisi kabinet, mengingat semua pejabat di tiap kementerian merasa berada dalam zona aman dan nyaman.

“Hampir semua pejabat di kementerian merasakan nikmatnya ‘zona aman dan nyaman’ sehingga mager. Analogi pemerintah sekarang bagaikan ‘Pasak lebih besar dari Tiang'” sesalnya.

Beberapa menteri bahkan dikabarkan akan digeser ke pos lain. Diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani yang santer dikabarkan akan menggantikan Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian. Selain itu nama Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Rini Soemarno pun disebut-sebut bakal tergeser, meski belum diketahui akan menduduki posisi apa

Dalam waktu dekat Presiden Jokowi dikabarkan akan melakukan Reshuffle Kabinet Kerja Jilid III. Isu refhuffle ini sebelumnya sempat mencuat setelah pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta namun hingga kini belum kunjung terealisasi. Beberapa waktu belakangan, wacana ini kembali ramai dibicarakan. (beng.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker