Penahanan Setya Novanto Ramai di Media Luar Negeri

abadikini.com, JAKARTA- Sejumlah media cetak dan online di Malaysia turut memberitakan peristiwa penahanan Ketua DPR RI Setya Novanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  Minggu malam (19/11).

Sejumlah media Malaysia yang memberitakan peristiwa tersebut, Selasa, diantaranya koran Bahasa Inggris The Sun, The Star, The Straits Times dan koran berbahasa Melayu, Berita Harian.

The Sun menempatkan foto Setya Novanto berkursi roda dengan rompi warna oranye menjadi headline di halaman pertama, sedangkan beritanya di halaman sembilan dengan judul Injured Indonesia Speaker In Custody

The Sun mengatakan Ketua DPR RI Setya Novanto telah ditahan oleh KPK setelah badan anti-korupsi tersebut mengumumkan bahwa kondisinya tidak memerlukan rawat inap.

Disebutkan, Novanto, 62, sedang dicari untuk diinterogasi mengenai skandal besar yang melibatkan dana negara senilai 170 juta dollar AS.

The Star membuat berita dengan judul Indonesian House Speaker held over graft,  Rasuah : Speaker Parlimen Indonesia Direman.

Berita Harian menyebutkan Ketua DPR, Setya Novanto, ditahan KPK berhubung peranannya dalam kerugian 170 juta dollar AS (RM706 juta) yang dialami negara itu terkait e-KTP.

Disebutkan, Novanto yang memakai pakaian tahanan KPK, dipindahkan dari rumah sakit ke pusat tahanan KPK di ibukota Jakarta. Setya Novanto merupakan anggota partai politik paling terkenal Indonesia yang ditahan KPK.

Media ini juga mengutip pernyataan Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif, dalam video yang menyatakan Novanto tidak lagi perlu dirawat di rumah sakit. (ak/ant)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker