PBB Siapkan Resolusi Tarik Keputusan AS Soal Yerusalem

abadikini.com, NEW YORK- Dewan Keamanan PBB mempertimbangkan sebuah resolusi untuk mendesak Amerika Serikat mencabut keputusannya mengenai status Yerusalem. DK PBB berusaha mengurangi ketegangan yang terjadi usai Presiden AS Don­ald Trump memutuskan secara sepihak bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel.

Resolusi ini diinisiasi Me­sir dan sudah disebarkan ke seluruh anggota DK PBB, baik anggota tetap maupun anggota tidak tetapnya. Para diplomat yang ngepos di PBB mengatakan dukungan luas te­lah diperoleh tetapi sepertinya akan diveto Washington.

DK PBB diperkirakan akan memberikan suara awal pe­kan depan. Sebuah resolusi memerlukan sembilan suara dukungan dan tidak ada veto AS, Prancis, Inggris, Rusia atau China untuk mengesah­kannya.

Bulan ini, Trump tiba-tiba mengubah kebijakan AS yang telah berlaku selama beberapa dekade ketika mengakui Ye­rusalem sebagai Ibukota baru Israel. Pemerintah AS juga berencana memindahkan kedutaan mereka ke Yerusa­lem dari Tel Aviv.

Setelah keputusan AS itu keluar, para menteri Arab sepakat mengupayakan resolusi DK PBB. Misi AS untuk PBB menolak berkomentar mengenai rancangan tersebut. Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley telah memuji keputusan Trump sebagai “se­suatu yang benar dan pantas untuk dilakukan. (ak.rmol)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker