Setelah Lengser dari Panglima TNI, Elektabilitas Gatot Dinilai Tinggi Untuk Maju Pilpres 2019

abadikini.com, JAKARTA – Turun tahta dari jabatannya sebagai Panglima TNI, nama Gatot Nurmantyo‎ muncul dalam berbagai hasil survey. Beberapa hasil survey menyebut Gatot Nurmantyo memiliki elektabilitas yang cukup tinggi untuk maju di Pilpres 2019.

Hal itu juga diungkapkan Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach and Consulting‎, Pangi Syarwi Chaniago. Menurut Pangi, Jenderal bintang empat tersebut berpotensi menjadi lawan politik Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

Sebab, dalam beberapa bulan belakangan, Gatot memiliki manuver yang kontroversial‎ melalui statement-statementnya. Hal itu, kata Pangi, yang membuat Jokowi menjadi panik dengan manuver yang dilancarkan oleh Gatot.

‎”Jokowi nampak panik dengan manuver Gatot yang beliau jadikan isu kanan sebagai komoditas politik yang punya effect elektoral. Terbukti elektabilitas Gatot terus tumbuh selama menjadi panglima,” kata Pangi Selasa (12/12/2017).

Pangi berpandangan, lengsernya Gatot sebagai Panglima TNI merupakan langkah Jokowi untuk mengantisipasi manuver yang berlebihan dari mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu.

“Jadi engga benar saya kira kalau Jokowi membesar Gatot, membiarkan Gator berselancar dengan isu dan opini publik sehingga berhasil mengambil ceruk pemilih potensial kanan,” jelasnya.

Diketahui, Gatot resmi lengser sebagai Panglima TNI digantikan Hadi Tjahjanto pada (8/12/2017). Kata Pangi, pemberhentian Gatot sebagai orang nomor satu di tubuh TNI merupakan sesuatu yang janggal.

“Jokowi itu ngak suka matahari kembar, ‎maka Gatot dipecat. Gatot siapa bilang diberhentikan. Itu dipecat, kan maret masa pensiun beliau. Menggapa Desember sudah diberhentikan,” tandasnya. (selly.ak/dk)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker