Bank Indonesia Prediksi Inflasi Bulanan Oktober 0,03%

abadikini.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi bulanan pada Oktober 2017 akan berada pada level 0,03%. Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, dengan demikian inflasi akan sesuai target tahun ini.

“Kami mengikuti survei mingguan juga menunjukkan bahwa di Oktober ini inflasi di kisaran 0,03% month to month (mtm),” kata dia di kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (6/10/2017).

Sementara secara tahunan (year on year) inflasi Oktober akan berada pada level 3,61%. “Secara yoy 3,61%. Kami melihat inflasi sesuai target, bahkan 2018 dan 2019 mengarah pada titik tengah rata-rata,” ujarnya.

Dengan demikian, perkiraan BI atas inflasi Oktober lebih rendah dibandingkan inflasi pada bulan September 2017 yang tercatat sebesar 0,13% (mtm) dan 3,72 persen (yoy).

Agus mengatakan, dengan inflasi yang terjaga tersebut bank sentral memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin di September lalu. “Kita sama-sama mengikuti bahwa kondisi inflasi, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI), dan perdagangan yang baik, ini mendukung BI di September memotong policy rate,” jelasnya.

Bank sentral kelihatannya masih belum akan menurunkan policy rate pada bulan selanjutnya, “Kami sudah lakukan di Agustus dan September. Kami belum bisa sampaikan untuk bulan selanjutnya. Tapi keputusan kami selalu berdasarkan data atau data dependent,” katanya. (teri.ak)

 

Sumber: Kontan

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker