Potensi Energi Terbarukan Indonesia Sangat Bagus Tapi Sayang Pemerintah tidak Serius

 

abadikini.com, JAKARTA – Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kemeterian ESDM Wawan Supriana mejelaskan jika dimaksimalkan penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) masih belum mendapatkan tempat.

Paslanya Kata Wawan, Padahal, Indonesia memiliki potensi EBT lebih dari 441 gigawatt (GW). Namun sejauh ini, baru 8,89 gw saja yang terealisasi.

“Saat ini, Indonesia memiliki banyak potensi EBT yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain panas bumi, air, bioenergi, surya, angin dan laut,” kata Wawan lewat siaran pers, Selasa (7/11/2017).

Selain optimalisasi EBT, pemerintah juga melakukan konservasi energi. Konservasi energi, kata Wawan, merupakan upaya sistematis, terencana, dan terpadu guna melestarikan sumber daya energi dalam negeri serta efisiensi pemanfaatannya.

“Penggunaan energi masyarakat Indonesia saat ini cenderung boros. Untuk itu, pemerintah terus melakukan kampanye hemat energi yakni dengan program potong 10 persen,” lanjut Wawan.

Senada dengan pernyataan tersebut, Deputi I Kepala Staf Kepresiden Kantor Staf Presiden I Darmawan Prasodjo mengatakan produksi minyak bumi Indonesia semakin menurun, sementara konsumsi masysrakat semakin naik, sehingga kebutuhan mau tidak mau harus dipenuhi lewat kebijakan impor.

“Perlu strategi untuk mengatasi masalah tersebut, yakni dengan penggunaan EBT, dan pemerintah mendorong penggunaan minyak kelapa sawit (CPO) sebagai bahan bakar nabati (BBN),” terang Darmawan.

Untuk dikatahu berikut ini macam-macam Energi Terbarukan yang sangat berpotensi untuk dikembangak di Indonesia :

Energi Matahari

Energi yang dapat dimanfaatkan dari Matahari adalah Panas Matahari dan Cahaya Matahari. Aplikasi dari pemanfaatan Energi Matahari tersebut diantaranya : Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari, Kalkulator dengan daya / power sinar matahari, Pemanas air, Pemanas Ruangan, Pendingin Ruangan dll..

Energi Angin

Angin merupakan udara yang bergerak, dengan gaya gerak tersebut dapat menghasilkan daya untuk dimanfaatkan antara lain : Pembangkit Listrik dengan Kincir Angin, Penggerak Kapal Layar, Terjun Payung, Paralayang, Gantole, Distribusi air menggunakan kincir Angin, Relaksasi tubuh (saat terkena angin tubuh menerima energi yang dapat menghasilkan badan lebih segar dan rileks terutama saat cuaca panas), Menentukan Arah Angin, Peggunaan prinsip Aerodinamik (untuk pembuatan pesawat/mobil/rudal dll..), Pendingin Mesin, Bermain layang-layang dan masih banyak lagi.

Angin merupakan energi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya karena. sifatnya yang mudah untuk didapatkan dan tidak pernah habis. Bahkan didalam ruang yang sempit dan dalam kondisi yang sulitpun kita masih bisa memperoleh angin.

Energi Air

Air merupakan sumber kehidupan yang tidak akan pernah lepas dari hari-hari kita. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air dan semua mahluk hidup bermula dari air. Tanpa air kita akan mati dan tanpa air bumi ini akan gersang tak punya kehidupan wahhh…besar sekali manfaar air ini buat kita ya. Sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Alloh SWT yang telah memberikan karunianya kepada kita dengan adanya air ini.

Pemanfaatan air yang berkaitan dengan Energi antara lain : Pembangkit Listrik Tenaga Air, Prasarana lalu lintas air, Penggerak Mesin dengan Kincir Air dll…

Energi Panas Bumi

Kekayaan alam yang satu ini banyak terdapat di Indonesia salah satunya yaitu Gunung Berapi. Panas bumi dapat dimanfaatkan energi panasnya untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Karena proses ini membutuhkan biaya yang mahal, pemanfaatan Energi Panas Bumi sebagaian besar dikuasai Perusahaan Negara, Swasta dan Asing. Masyarakat luas belum dapat menggunakan Panas Bumi secara maksimal. Mungkin suatu hari nanti kita dapat mengolah energi yang satu ini dengan lebih mudah dan biaya yang relatif murah dan selanjutnya dapat digunakan oleh masyarakat luas. Anda tertantang? Just do it.

Energi Gelombang Air Laut

Gerakan air laut yang menghasilkan gelombang merupakan sumber energi gerak yang dapat kita manfaatkan untuk membuat pembangkit listrik (PLTGL).

Energi Bahan Bakar Nabati

Bahan bakar Nabati (BBN) merupakan energi yang bersumber dari kekayaan alam Nabati misalnya : Sawit, Jagung, Singkong, Tebu, Jarak dll…

Hasil olahan bahan-bahan tersebut dinamakan Biofuel diantaranya : Bioetanol, Biobutanol dll. (saf.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker