Berdasarkan Hasil Sidak Wagub DKI Banyak Ketua RT/RW Mengeluh Nombok

abadikini.com, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku telah 18 bulan melakukan sidak ke berbagai rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di Jakarta. Ia mengatakan, sebagai pengayom dan pengelola dalam masyarakat, para ketua RT dan ketua RW perlu dimanusiakan.

Adanya kewajiban untuk membuat laporan-laporan yang harus dilengkapi dengan kwitansi kadang-kadang menyulitkan mereka. Sebab, pada kenyataannya banyak biaya tidak teradministrasi dengan baik. “Kan mereka nombok karena uangnya enggak cukup selama ini untuk kegiatan warga. Akhirnya menyulitkan dan memberikan beban bagi mereka,” ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengatakan para Ketua RT dan Ketua RT sempat membandingkan dana yang mereka peroleh dengan lembaga masyarakat kota (LMK). Mereka mendapatkan dana berupa tunjangan dan uang kehormatan, namun tidak disertai kewajiban untuk melaporkan penggunaannya.

“Jadi begini, enggak konsisten gitu lho antara satu pengayom masyarakat dengan RT/RW. Jadi ini yang coba kita kembalikan dalam fungsi yang setara dan memiliki tentunya rasa keadilan, rasa keberadilan,” ujar dia.

Walaupun tak ada pelaporan, Sandiaga tetap ingin ada transparansi dalam pengelolaan dana operasional. Transparansi penting untuk memastikan semua pengelolaan dana pemprov terang benderang. Pertanggungjawaban akan diberikan dalam bentuk lain yang kini sedang diformulasikan oleh Biro Tata Pemerintahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

“Tetap ada pertanggungjawaban tapi dalam bentuk apa. Dimanusiakanlah RT/RW ini. Biro Tapem, Bu Premi lagi menyusun, kita tidak usah spekulatif dulu,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, kisaran jumlah uang dan pelaporan dana operasional yang akan diterima para ketua RT dan RW bukan permasalahan yang esensial. Ada banyak permasalahan di tingkat RT/RW yang masuk kepada Gubernur/Wakil Gubernur dan harus diselesaikan. “Saya paling lamalah berkeliling, karena saya sudah dua tahun. Sekarang keliling ketemu RT/RW dan masukannya sudah banyak. Nanti saya beri masukan ke Pak Anies juga,” kata dia.

BACA JUGA   Sandiaga Akan Buat Sayembara Penentuan Nama Program Kesehatan DKI

Sandiaga ingin ada sinergi yang lebih baik antara pemprov DKI dan pengurus RT/RW. Oleh karena itu, akan dilakukan kajian secara komprehensif. Kajian itu tak hanya mengenai besaran dana operasional dan pertanggungjawabannya namun juga pola pembinaan dan pola interaksi dengan pemprov. (leo.ak/rep)

Topik Berita

Baca Juga